contact us smahangtuah5_sidoarjo@yahoo.co.id (031) 8056489
  • Kontak
  • News
  • PPDB 21/22
contact us smahangtuah5_sidoarjo@yahoo.co.id (031) 8056489
  • Kontak
  • News
  • PPDB 21/22

SOCIAL DISTANCING SMARTWATCH

SOCIAL DISTANCING SMARTWATCH

Oleh Yuli Indah Lestari, S.Pd

Pendidik Fisika SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo

Coronavirus disease 2019 (COVID-19) yang disebabkan oleh SARS-CoV-2 telah melanda dunia dan berhasil mengubah kebiasaan hidup dari seluruh umat manusia. Pada 11 Maret 2020 organisasi kesehatan dunia WHO telah menyatakan bahwa COVID-19 ini telah mencapai tingkatan pandemi, yang berarti penyakit ini telah menyebar di wilayah yang luas atau menyeluruhi dunia. Alasan mengapa virus ini bisa dengan cepat menyebar ke seluruh dunia adalah karena cara penyebarannya yang sangat efektif. Penyebaran SARS-CoV-2 dari manusia ke manusia menjadi sumber transmisi utama sehingga penyebaran menjadi lebih agresif (Susilo et al., 2020).

Oleh karena itu, masyarakat harus melakukan perubahan pola hidup dengan tatanan dan adaptasi kebiasaan yang baru (New-normal) agar dapat hidup produktif dan terhindar dari penularan COVID-19. Ada beberapa himbauan yang harus diterapkan dalam gaya hidup New-normal ini, dari gerakan di rumah saja, penggunaan masker saat keluar, rajin mencuci tangan, dan pelaksanaan social distancing.

Banyaknya peraturan dalam New-normal ini bisa membuat banyak orang secara tidak sengaja kembali lagi melakukan kebiasaan terdahulu yang tidak sesuai dengan ketetapan baru dalam New-normal. Karena hal inilah taruna SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo memiliki ide untuk membuat Smartwatch yang dapat mengingatkan kita tentang beberapa ketetapan dari New-normal. Smartwatch sendiri adalah versi upgrade dari jam tangan yang mengimplementasikan banyaknya fitur dari Handphone.

Taruna SMA Hang Tuah 5 yang begitu kreatif ini adalah Bima Pancara Haryono Putra dari kelas XII MIPA 1 dan Mochamad Zidan Sibromulis dari kelas XI MIPA 4.

Social Distancing Smartwatch memiliki 3 fitur. Selain fitur utamanya sebagai penunjuk waktu tentunya, fitur-fitur yang ditawarkan adalah:

  1. Untuk menjaga jarak dengan orang lain

Salah satu komponen utama pembuatan Social Distancing Smartwatch adalah Sensor Ultrasonik yang dapat memancarkan gelombang dengan frekuensi di atas 20.000 Hz. Gelombang tersebut akan terpantul jika “menabrak” benda di dekatnya dan pantulan dari gelombang akan ditangkap kembali oleh sensor. Hasil pantulan yang ditangkap oleh sensor diterjemahkan menjadi jarak antara pengguna dan benda di dekatnya. Jika jarak tersebut kurang dari 1 meter, maka buzzer dalam jam akan berbunyi dan muncul peringatan bahwa jarak tidak aman.

  • Untuk mengukur suhu tubuh pengguna jam

Pada masa pandemic ini, menjaga suhu tubuh selalu normal adalah kewajiban bagi kita untuk terus beraktivitas. Bagaimana kita tahu suhu tubuh kita saat itu? Fitur andalan yang lain dari Social Distancing Smartwatch adalah dapat mengukur suhu tubuh penggunanya secara berkala. Melalui sensor suhu yang dipasang pada bagian bawah Smartwatch, maka pengguna bisa mengukur suhu kapanpun dan dimanapun dengan akurat tanpa harus membawa thermometer kemana-mana.

  • Pengukuran waktu pada smartwatch terintegrasi dengan handphone

Jika penunjuk waktu pada smartwatch bermasalah, bagaimana pengaturan ulangnya? Kalian tidak perlu repot-repot mengatur ulang jika smartwatch kalian bermasalah loh. Tinggal sambungkan bluethoot handphone kalian dengan smartwatch yang kalian miliki, kemudian melalui aplikasi “Retro Watch”, smartwatch kalian akan mengatur sendiri waktunya sesuai dengan waktu yang ada pada handphone kalian. Kalian juga bisa mengatur tampilannya, mau jam analog, jam digital atau mix analog dan digital juga boleh.

Cara menggunakan Social Distancing Smartwatch cukup mudah, kalian cukup menekan tombol menu pada bagian bawah layar, jika ditekan 1 kali, maka smartwatch akan menampilkan tampilan jam. Jika menekan tombol 2 kali, maka tampilan pada jam akan menunjukkan suhu tubuh pengguna. Jika diklik 3 kali, maka smartwatch akan mengukur jarak pengguna dengan benda di sekitarnya. Jika ada orang yang berada pada jarak kurang dari 1 meter dari pengguna smartwatch, maka smartwatch akan otomatis berbunyi dan tampilan pada layar menunjukkan bahwa jarak tidak aman. Namun jika orang terdekat berada pada jarak lebih dari 1 meter, maka tampilan pada layar akan menunjukkan tulisan jarak aman.

Leave a Reply

Kategori Berita

Berita Terkini

BELAJAR UNTUK BERKARYA
5 May 2021
Simulasi PTM
3 May 2021
PONRAM 2021
20 April 2021
SINAU BARENG AKM-LITERASI
20 April 2021
PERTEBAL SPIRITUAL MELALUI KHOTMIL QURAN
20 April 2021
PPDB
2021/2022

The School of Champions