contact us smahangtuah5_sidoarjo@yahoo.co.id (031) 8056489
contact us smahangtuah5_sidoarjo@yahoo.co.id (031) 8056489

SAMAPTA; PROGRAM UNGGULAN SMAHATMA

SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo melaksanakan tes kesehatan fisik bagi calon TNI/POLRI dan Kedinasan sebelum pelaksanaan atau seleksi masuk di instansi tersebut. Pihak sekolah secara antusias dan rutin mengadakan kegiatan tersebut. Selain melaksanakan tes kesehatan fisik bagi calon TNI/POLRI dan Kedinasan, para siswa sebagai calon taruna dibekali juga dengan Kesamaptaan Jasmani yang rutin diagendakan setiap Jumat dan Sabtu, bertempat di Lapangan GOR Sidoarjo dan SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo yang dilatih langsung oleh Konsultan Pendidikan YHT, Sjemihadi Hardjo, M.M. dan dibantu pendidik PJOK SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo. Test kesehatan fisik dan samapta dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid 19, serta cek suhu tubuh kepada seluruh peserta.

            Selain itu Tes Kesehatan Fisik dan Samapta ini juga merupakan salah satu syarat wajib dalam seleksi masuk bagi calon TNI/POLRI dan Kedinasan. Diharapkan selain melalui test samapta, seluruh siswa memiliki kesadaran dalam menjaga kondisi kebugarannya dengan melaksanakan olahraga secara rutin pada jam olahraga yang telah ditentukan.

            Seluruh siswa melaksanakan tes kesehatan fisik meliputi, penentuan fisik dasar (tinggi dan berat badan), tensi, kesehatan mata, THT, varises, dan tes urine. Sedangkan pada kesamaptaan beberapa  tes diantaranya  berupa lari pull up, sit up, push up dan shuttle run.(Mas dan B)

Leave a Reply