contact us smahangtuah5_sidoarjo@yahoo.co.id (031) 8056489
contact us smahangtuah5_sidoarjo@yahoo.co.id (031) 8056489

Pelaksaanaan Vaksinasi Dosis Ke-3 (Booster) Bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo

Penulis : Rena Kharisma I Editor : Khoirul Ichwanudin


VAKSIN BOOSTER SMA HANG TUAH 5 SIDOARJO

Upaya pencegahan terhadap penularan virus Covid-19 terus digalakkan oleh pemerintah salah satunya dengan melalui kebijakan program pemberian Vaksinasi. Berdasarkan Surat Edaran Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.02.02/II/252/2022 tentang Vaksinasi COVID-19 Dosis Lanjutan (Booster) mulai sejak 12 Januari 2022 sesuai dengan arahan Presiden Jokowi Widodo.

Pada Rabu (17/03/2022) diselenggarakannya pelaksanaan giat vaksinasi untuk  pendidik taruna/taruni dengan sasaran yang telah berusia 18 tahun, serta tenaga kependidikan bapak ibu guru dan pegawai SMA HangTuah 5 Sidoarjo. Bertempatan di ruang XII Mipa 1 dan 2 petugas kesehatan yang berasal dari kesatuan kavareli marinir sebelum dilakukannya penyuntikan vaksin, terlebih dahulu melakukan berbagai macam pemeriksaan mulai dari Pendataan, Screening, serta kelengkapan vaksin dosis 1 dan 2 sebelumnya  dengan protokol kesehatan yang ketat.

Pelaksanaan vaksinasi Booster di SMA Hangtuah 5 ini sebagai tahap vaksinasi selanjutnya, setelah tahun sebelumnya pada  September 2021 telah mengadakan vaksinasi dengan dosis 1 dan 2. Suntik yang digunakan ialah menggunakan jenis vaksin Astra Zeneca, dosis 3. Sebanyak kurang lebih 216 orang telah menerima vaksin dosis ke – 3 atau booster. Karena peserta penerima vaksin bukan hanya dari SMA Hang Tuah 5 saja, namun juga dari tenaga kependidikan satdik yayasan Hang Tuah di sekitarnya seperti bapak dan ibu guru serta pegawai TK Hang tuah 22 Candi, Sidoarjo dan lain sebagainya.

Proses pelaksanaan vaksinasi booster ini tidak jauh berbeda dari pelaksanaan sebelumnya. Hanya saja vaksinasi tahap ke 3 ini karena syarat sasarannya berusia 18 tahun ke atas maka jumlah peserta relatif  lebih sedikit dan kecil  dibanding pelaksanaan vaksinasi sebelumnya karena mayoritas penerima vaksin booster ini hanya dari tenaga kependidikan dan beberapa siswa angkatan kelas 11 dan 12.

Pelaksanaan vaksinasi booster ini bertujuan untuk dapat membentuk herd immunity atau daya tahan tubuh dari infeksi varian virus Covid-19. Mengingat saat ini SMA Hangtuah 5 Sidoarjo telah memulai kebijakan Pembelajaran Tatap Muka terbatas (PTM) 100% di sekolah secara normal dan aman.

“Iya, pelaksanaan vaksinasi booster ini juga merupakan anjuran dari pemerintah selain itu dengan lengkapnya dosis vaksinasi juga akan lebih memudahkan akses kemanapun serta menjadi tidak mudah lah untuk tertular varian Covid -19 ini”, ungkap miss Rena, salah satu peserta penerima Vaksin Booster. (Shaa dan Riyan)

VAKSIN BOOSTER SMA HANG TUAH 5 SIDOARJO

Leave a Reply