SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo merupakan salah satu dari 10 sekolah menengah atas (SMA) di wilayah Kabupaten Sidoarjo yang terpilih menjadi salah satu sekolah penggerak angkatan pertama. Hal tersebut didasarkan pada Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Anak dan Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Nomor: 6555/C/Hk.00/2021 tentang Penetapan Satuan Pendidikan Pelaksana Program Sekolah Penggerak. Sehubungan dengan hal tersebut, maka pada tahun pelajaran 2022/2023, SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo telah menggunakan Kurikulum Merdeka pada Fase E (Kelas X) dan Fase F (Kelas XI).
Pengorganisasian pembelajaran pada kurikulum merdeka diatur oleh pemerintah pada Kepmendikbudristek No. 262/M/2022. Satuan pendidikan dan/atau Pemerintah Daerah dapat menambahkan muatan tambahan sesuai kebutuhan dan karakteristik satuan Pendidikan dan/atau daerah. Pembelajaran dibagi menjadi 2 (dua) kegiatan utama, yaitu:
Kegiatan pembelajaran reguler untuk setiap mata pelajaran mengarah pada Capaian Pembelajaran dan Profil Pelajar Pancasila. Pembelajaran berbasis projek dalam projek penguatan Profil Pelajar Pancasila diselenggarakan untuk menguatkan upaya pencapaian Profil Pelajar Pancasila. Penerapan Kurikulum Merdeka untuk Fase E (Kelas X) di SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo memiliki struktur kurikulum sebagai berikut.
Tabel 3.1. Struktur Kurikulum Merdeka Fase E (Kelas X)
Mata Pelajaran |
JP/ Minggu |
Kegiatan regular/ minggu (tahun) |
Proyek/minggu (tahun) |
Total JP/tahun |
|
|
Pendidikan Agama |
3 |
72 (2) |
36 (1) |
108 |
|
PPKn |
2 |
54 (2)* |
18 * |
72 |
|
Bahasa Indonesia |
4 |
108 (3) |
36 (1) |
144 |
|
Matematika |
4 |
108 (3) |
36 (1) |
144 |
IPA |
Fisika |
3 |
72 (2) |
36 (1) |
108 |
Kimia |
3 |
72 (2) |
36 (1) |
108 |
|
Biologi |
3 |
72 (2) |
36 (1) |
108 |
|
IPS |
Sosiologi |
3 |
72 (2) |
36 (1) |
108 |
Ekonomi |
3 |
72 (2) |
36 (1) |
108 |
|
Sejarah |
3 |
72 (2) |
36 (1) |
108 |
|
Geografi |
3 |
72 (2) |
36 (1) |
108 |
|
|
Bahasa Inggris |
2 |
54 (2)* |
18* |
72 |
|
PJOK |
3 |
72 (2) |
36 (1) |
108 |
|
Informatika |
3 |
72 (2) |
36 (1) |
108 |
|
Seni Budaya |
2 |
54 (2)* |
18* |
72 |
|
Bahasa Jawa |
2 |
72 (2) |
– |
72 |
|
Kebaharian |
1 |
36 (1) |
– |
36 |
Laboratorium Kepemimpinan |
1 |
36 (1) |
– |
36 |
|
Study Club |
1 |
36 (1) |
– |
36 |
|
Jumlah |
49 |
1.278 |
486 |
1.764 |
Mata Pelajaran Peminatan di Fase E (kelas 10) SMA terdiri atas:
* Pembelajaran reguler tidak penuh 36 minggu untuk memenuhi alokasi projek (hanya 27 minggu)
Sedangkan penerapan Kurikulum Merdeka diberlakukan untuk Fase F (Kelas XI) dengan struktur kurikulum sebagai berikut.
Tabel 3.2. Struktur Kurikulum Merdeka Fase F (Kelas XI)
Mata Pelajaran |
JP/ Minggu |
Kegiatan regular/ minggu (tahun) |
Proyek/ minggu (tahun) |
Total JP/tahun |
|
Umum (A) |
Pendidikan Agama |
3 |
72 (2) |
36 (1) |
108 |
PPKn |
2 |
54 (2)* |
18 * |
72 |
|
Bahasa Indonesia |
4 |
108 (3) |
36 (1) |
144 |
|
Matematika |
4 |
108 (3) |
36 (1) |
144 |
|
Sejarah |
2 |
54 (2)* |
18* |
72 |
|
Bahasa Inggris |
2 |
54 (2)* |
18* |
72 |
|
Umum (B) |
PJOK |
3 |
72 (2) |
36 (1) |
108 |
Seni Budaya |
2 |
54 (2)* |
18* |
72 |
|
Bahasa Jawa |
2 |
72 (2) |
– |
72 |
|
Mata Pelajaran Pilihan |
MP 1 |
5 |
180 (5) |
– |
180 |
MP 2 |
5 |
180 (5) |
– |
180 |
|
MP 3 |
5 |
180 (5) |
– |
180 |
|
MP 4 |
4 |
144 (4) |
– |
144 |
|
MP 5 |
3 |
108 (3) |
– |
108 |
|
|
Kebaharian |
1 |
36 (1) |
– |
36 |
Laboratorium Kepemimpinan |
1 |
36 (1) |
– |
36 |
|
Study Club |
1 |
36 (1) |
– |
36 |
|
Jumlah |
49 |
1.548 |
216 |
1.764 |
Pembelajaran reguler tidak penuh 36 minggu untuk memenuhi alokasi projek (hanya 27 minggu)
* Mata Pelajaran Pilihan disediakan sebanyak 8 mata pelajaran dari 3 kelompok mata pelajaran yang dapat dipilih sebanyak 5 mata pelajaran oleh siswa sesuai minatnya. Mata pelajaran pilihan tersebut terdiri atas kelompok mata pelajaran IPA (Matematika Lanjut, Fisika, Kimia, dan Biologi), IPS (Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi), dan Bahasa (Bahasa Inggris Tingkat Lanjut).
Pada kurikulum merdeka, selain pembelajaran reguler seperti yang dijelaskan di atas, juga dilaksanakan Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).
Prinsip pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dijabarkan sebagai berikut.
Pembelajaran harus memenuhi potensi, kebutuhan perkembangan dan tahapan belajar, serta kepentingan peserta didik. Profil Pelajar Pancasila selalu menjadi rujukan pada tahapan dalam penyusunan kurikulum operasional sekolah.
Setiap tema projek yang dijalankan dengan pendekatan lintas ilmu dan konten pengetahuan secara terpadu, dengan memperhatikan koneksi yang bermakna antar komponen dalam pelaksanaan projek, seperti murid, guru, sekolah, masyarakat, dan realitas kehidupan sehari-hari.
Menunjukkan kekhasan dan sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan, konteks sosial budaya dan lingkungan, dunia kerja dan industri.
Bahan pembelajaran projek dikembangkan dengan semangat membuka ruang yang lebar bagi proses inkuiri dan pengembangan diri.
Bahan pembelajaran projek dikembangkan dengan memperhatikan kebutuhan peserta didik, minat peserta didik, dan perkembangan sesuai fase elemen dan sub-elemen dari dimensi Profil Pelajar Pancasila. Setiap kegiatan projek dapat mengasah kemampuan murid dalam memunculkan inisiatif serta meningkatkan daya untuk menentukan pilihan dan memecahkan masalah yang diangkat dalam projek. Tema projek telah ditentukan oleh Kemendikbud sebagai berikut:
Tema a sampai dengan g merupakan tema pilihan dan minimal dilaksanakan 3 tema pada setiap tahun ajaran. Pada SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo P5 dilaksanakan sebagai berikut.