contact us smahangtuah5_sidoarjo@yahoo.co.id (031) 8056489
contact us smahangtuah5_sidoarjo@yahoo.co.id (031) 8056489

PROSES EXPERIENTIAL LEARNING MELALUI LABORATORIUM KEPEMIMPINAN

Penulis : Rena Kharisma | Editor : Khoirul Ichwanudin

            Hi Splitter’s, SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo memiliki program wajib yang harus diikuti oleh para siswa Fase E dan XI. Program tersebut biasa kita kenal dengan Laboratorium Kepemimpinan. Program pembelajaran kurikulum satu ini telah rutin dilaksanakan SMA Hang Tuah 5 setiap minggunya  di Jumat.  Sebelum kita bahas lebih jauh, kira-kira teman teman pada tahu nggak, apa sih Laboratorium Kepemimpinan itu??

            Laboratorium Kepemimpinan adalah proses experiential learning, dimana para peserta secara ril (waktu, konteks, lingkungan, dan budaya) mempraktikkan peran sebagai seorang pemimpin.Proses Laboratorium Kepemimpinan terjadi interaksi antara peserta, mentor, coach yang diharapkan dapat membentuk kompetensi sebagai pemimpin yang memberikan perubahan yang baik.

            Disekolah SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo terdapat lima jenis Laboratorium Kepemimpinan, ada saka bahari (satuan karya pramuka bahari), bela negara, public speaking, kepustakaan, dan literasi digital. Semua ini sudah terjadwal rutin tiap bulannya, masing masing jenis Lab. Kepemimpinan ini memberikan berbagai dampak positif bagi para siswa yang akan membantu dalam proses sosialisasi baik di lingkungan sekolah ataupun di luar lingkungan sekolah.

            Dari lima jenis Lab. Kepemimpinan ini, pastinya memiliki guru pembina yang keren keren abiezz, pertama ada saka bahari yang langsung dibina oleh bapak Setyo Nugroho dan juga dibantu oleh kakak-kakak Pendega SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo. Kedua, bela negara yang langsung dibina oleh Bapak Sjemihadi Hardjo dimana kita diajarkan bagaimana cara baris berbaris dan menumbuhkan rasa nasionalisme pada diri kita. Yang ketiga public speaking, dibina langsung oleh Pak Bc yang juga merupakan guru mapel Bahasa Indonesia, kita diajarkan bagaimana kemampuan yang baik dalam menyampaikan atau mempresentasikan suatu topik di depan umum. Yang Keempat ada kepustakaan, dibina langsung oleh Ms. Arifikayani P. dan Ms. Shiky Isyana P., kita  diajarkan bagaimana kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca, dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Dan yang terakhir Literasi digital, dibina langsung oleh Ms. Lorena Nur K., kita diajarkan bagaimana kecakapan kita yang tidak hanya melibatkan kemampuan penggunaan perangkat teknologi, informasi dan komunikasi, tetapi juga kemampuan dalam pembelajaran untuk bersosialisasi, sikap berpikir kritis, kreatif, serta inspiratif sebagai kompetisi digital. Dengan adanya program Lab. Kepemimpinan ini, diharapkan semoga sekolah kita menghasilkan para siswa yang terbaik, yang mampu mengharumkan nama sekolah SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo secara akademis maupun non-akademis. (daff)

Leave a Reply