contact us smahangtuah5sidoarjo@gmail.com (031) 8056489
contact us smahangtuah5sidoarjo@gmail.com (031) 8056489

Halo Sahabat SPLIT, kalian pasti sudah tidak asing kan dengan Duta Anti Narkoba Sidoarjo (DANS) yang mewakili SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo?

Kita ingin kalian tahu nih bahwa, SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo memiliki siswi berprestasi yang merupakan bagian dari Duta Anti Narkoba Sidoarjo (DANS) sekaligus Wakil Ketua Osis (Wadanyon) tahun pelajaran 2022/2023. Mungkin sebagian dari Sahabat SPLIT sudah mengenal siapa dia. Dia adalah Zahra Naurah Khansha yang biasa akrab dipanggil Zahra dari Fase F-2. Zahra berbagi cerita nih kepada kita seputar DANS, jadi yuk mari kita simak bersama.

Zahra menyatakan bahwa “Duta Anti Narkoba Sidoarjo adalah kepanjangan tangan dari BNN kabupaten Sidoarjo dan representatif dari DISPORAPAR (Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata) Kabupaten Sidoarjo yang dimana tugasnya ialah mencegah adanya penyalahgunaan narkoba di lingkungan masyarakat sekitar”.

Kira-kira apa ya motivasi dan dorongan yang membuat Zahra menjadi bagian dari Duta Anti Narkoba Sidoarjo? Zahra menjelaskan bahwa ia ingin menambah pengalaman dan juga relasi serta ingin menjadi orang yang tidak hanya berguna bagi diri sendiri tetapi juga untuk orang lain.

Nah pasti Sahabat SPLIT ingin tahu kan bagaimana sih proses yang dijalani Zahra hingga bisa membuat ia menjadi seorang Duta Anti Narkoba Sidoarjo. Jadi, Zahra bercerita nih awalnya ia ditawari oleh senior untuk mengikuti DANS sebenarnya saat itu ia merasa bingung dan gelisah karena tidak memiliki pengalaman mengenai ajang duta dan organisasi bersifat semacam ini sebelumnya. Selanjutnya ia mengikuti seleksi bersama dengan partnernya dan lolos mewakili SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo, setelah lolos menjadi perwakilan dari SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo ia menyiapkan berkas-berkas serta foto untuk mengikuti seleksi tahap 1. Seleksi tahap 1 yaitu tes tulis dan Zahra pun lolos, selanjutnya ia mengikuti tes tahap 2 yaitu pengukuran tinggi dan berat badan serta tes editing,pada tahap ini ia kembali lolos dan melanjutkan ke tes tahap 3 yaitu tes wawancara dan tes bakat minat, Zahra menceritakan bahwa disaat tes bakat minat ia menampilkan bakat menyanyi serta membaca puisi buatannya sendiri yang dinilai baik oleh dewan juri. Setelah rangkaian tes yang panjang tersebut, Zahra menunggu pengumuman yang hasilnya adalah ia lolos rangkaian tes tersebut. Selanjutnya ia mengikuti pra-karantina dan karantina untuk beberapa waktu menuju Grand Final Duta Anti Narkoba Sidoarjo tahun 2022.

Nah Sahabat SPLIT setelah mengetahui bagaimana proses Zahra untuk menjadi Duta Anti Narkoba Sidoarjo (DANS), yuk sekarang mari kita simak apa saja tugas yang diemban sebagai seorang Duta Anti Narkoba Sidoarjo. Zahra mengatakan bahwa tugasnya ialah mengadakan sosialisasi dan penyuluhan serta menyebarkan kepada khalayak umum mengenai bahaya penyalahgunaan narkoba.

Sekarang kita cari tahu yuk apa sih pengaruh yang berdampak kepada diri Zahra setelah menjadi bagian dari Duta Anti Narkoba Sidoarjo. Zahra menyatakan bahwa ia menjadi lebih percaya diri, lebih mudah untuk bersosialisasi, memiliki pemikiran yang lebih terbuka, dan pastinya menambah wawasan atau pengetahuan seputar bahaya penyalahgunaan narkoba. Zahra juga menambahkan bahwa ia merasa dapat bermanfaat untuk diri sendiri, keluarga, teman-teman dan masyarakat serta merasa bangga karena dapat dikelilingi oleh orang-orang yang memiliki value tinggi.

Oke Sahabat SPLIT, selain kegiatan Duta Anti Narkoba Sidoarjo pastinya Zahra juga memiliki kegiatan yang tak kalah penting sebagai seorang pelajar yaitu mengikuti pembelajaran di sekolah maupun belajar secara individu di rumah. Selain itu ia juga aktif mengikuti kegiatan organisasi serta ekstrakurikuler di sekolah. Jadi bagaimana ya kira-kira cara Zahra untuk mengatur waktunya agar semua tugas yang ia miliki berjalan dengan baik? Zahra menyatakan bahwa ia menggunakan skala prioritas, mengutamakan hal yang benar-benar dibutuhkan untuk dilakukan terlebih dahulu tetapi tidak melupakan tugas yang lainnya.

Jadi bagaimana nih pendapat Sahabat SPLIT mengenai Zahra? Keren banget ya…

Oh ya, Zahra memberi pesan loh untuk Sahabat SPLIT yang sedang membaca majalah edisi ke-12 ini.

“Untuk Spliters yang memiliki keinginan untuk mengikuti Ikatan DANS tidak perlu malu atau takut karena di sini kita sama-sama belajar dan pada organisasi DANS ini kita mengutamakan personality yang intinya mencakup 3B Brain, Beauty, and Behavior.” (Nad)

Leave a Reply

Kategori Berita

Berita Terkini

Pembekalan Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo
28 July 2023
Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445H
28 July 2023
Sosialisasi Remaja dan Bakat Minat oleh RSUD Sidoarjo
26 July 2023
MPLS-PDB 2023-2024 Day 3
20 July 2023
MPLS-PDB 2023-2024 Day 2
19 July 2023